Dapatkan Update Terbaru Dari Blog NeoComps Langsung ke Email Sobat!

Instalasi Windows Vista

Banyak banget email yg masuk nanyain cara instalasi Windows Vista, jadi postingan saya kali ini mengenai cara instalasi Windows Vista dan juga untuk menjawab beberapa pertanyaan sobat mengenai cara instalasi Windows Vista.


Sebenarnya instalasi Windows Vista tidak berbeda jauh dengan cara instalasi Windows XP sobat, walau memang ada beberapa perbedaan sedikit. Langsung aja dech, ga usah banyak basa-basi.

Sebelum masuk ke dalam proses instalasi Windows Vista, sebaiknya sobat memperhatikan spek minimum Windows Vista. Apakah sesuai dengan spesifikasi komputer sobat, fungsi kenapa!! yah biar Windows Vista bisa berjalan dengan maksimal.

Windows Vista Home Basic
  • Processor 1GHz 32-bit (x86) atau 64-bit (x64)
  • Memori 512 MB
  • Harddisk 20 GB dengan ruang kosong 15 GB
  • Video Card Direct X 9 Memory 32 MB
  • DVD ROM
  • Audio Output
Windows Vista Home Premium, Vista Business, Vista Ultimate
  • Processor 1 GHz 32-bit (x86) atau 64-bit (x64)
  • Memori 1 GB
  • Harddisk 40 GB dengan ruang kosong 15 GB
  • Video Card Direct X 9 dengan WDDM Driver, memori 128 MB dan 32 bit per pixel
  • DVD ROM
  • Audio Output
Sekarang kita masuk kedalam proses instalasi Windows Vista.
  1. Pertama masuk ke dalam BIOS, atur agar boot pertama dilakukan oleh DVD-ROM.
  2. Masukkan DVD instalasi Windows Vista, tunggu proses loading-nya.
  3. Setelah muncul layar instalasi, disini sobat harus menentukan bahasa yang ingin dipakai saat proses instalasi nanti, format waktu dan mata uang, dan jenis keyboard yang dipakai. Kalau sudah silahkan klik Next.
  4. Tahap selanjutnya, klik Install now.
  5. Selanjutnya silahkan sobat masukkan nomor seri Windows Vista sobat. Namun sobat bisa juga tidak memasukkan nomor seri, jika hal ini sobat lakukan maka Vista akan menganggap sebagai trial 30 hari, dan akan muncul sebuah jendela yang menanyakan Do you want to enter your product key now?. Pilih No.
  6. Bila sobat memasukkan nomor seri, silahkan lanjutkan ke tahap berikutnya. Namun jika sobat tidak memasukkan nomor seri, maka pilih versi Windows Vista yang sobat pakai. Beri centang pada I have selected the edition of Windows that I purchased.
  7. Tahap selanjutnya, beri centang pada I accept the license terms, klik Next.
  8. Di jendela berikutnya, pilihan yang ada hanya Custom. Klik Custom.
  9. Pilih partisi harddisk yang akan dipakai oleh Vista. Disarankan agar partisi yang dipakai minimal 10 GB dengan format NTFS. Klik Next.
  10. Dari tahap ini, sobat bisa sedikit santai. Sobat bisa bikin kopi dulu, makan dan mandi, jika sobat belum mandi. Pada tahap ini instalasi Vista akan restart beberapa kali.
  11. Memasuki tahap ini, barulah sobat bisa serius kembali. Masukkan username dan passwordlogin. Klik Next.
  12. Beri nama sesuka sobat pada komputer tersebut. Nama ini fungsinya untuk identitas komputer sobat di jaringan. Next lagi.
  13. Tentukan pilihan dalam memproteksi Windows Vista. Namun jika kebetulan sobat terhubung dengan internet, maka pilih Use recommended settings. Tapi jika tidak, pilih Ask me later.
  14. Tahap berikutnya, pilih zona waktu Bangkok, Hanoi, Jakarta.
  15. Pada ucapan terima kasih dari Microsoft, klik Start.
  16. Sebelum benar-benar selesai, Vista akan melakukan pemeriksaan terhadap konfigurasi sistem komputer sobat. Proses ini sedikit memakan waktu.
  17. Setelah proses pemeriksaan konfigurasi selesai, muncullah jendela awal Vista, dan silahkan sobat login dengan menggunakan username dan password yang telah sobat isi tadi. Sampai dech sobat di Windows Vista. Yang ingin sobat pakai untuk
Semoga Bermanfaat

2 komentar:

Welly said...

nah ini dia yang aku tunggu bro, tinggal print aja postingan ente buat jadi manual gw nginstal vista...
Thanx berat ya bro,.... keep blogging and keep in touch yah..

Andry Wahyudin said...

Silahkan di coba mas welly

Post a Comment

Pengikut

NeoComps
Blog