Dapatkan Update Terbaru Dari Blog NeoComps Langsung ke Email Sobat!

Menambah Memori dengan Flash Disk

Memori Virtual merupakan memori bayangan tempat sistem operasi menyimpan data-data yang akan, sedang atau baru selesai diproses. Dalam sistem operasi Windows, memori virtual sangat berguna untuk menampung data yang tidak bisa ditampung lagi pada RAM, tapi sayang penggunaannya yang terlalu besar pada harddisk malah bisa menurunkan performa komputer, karena memori virtual bisa dibilang sebagai tambalan untuk memori utama, sedang tempat penyimpanan data yang sebenarnya adalah harddisk, jadi kecepatan akses memori virtual-pun sangat lambat bila dibandingkan dengan memori utama (RAM) hal inilah yang bisa membuat memori virtual menyebabkan bottleneck.


Sobat bisa mempercepat kinerja sistem dengan modul RAM, tapi hal ini sangat memakan biaya, namum ada solusinya dan sobat hanya perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp. 100.000 untuk membeli sebuah Flash Disk dengan kapasitas 2 GB. Dalam Windows Vista fasilitas ini diberi nama "ReadyBoots", ketika sobat memasukkan removable memory seperti flashdisk dipasangkan ke komputer, Windows Vista akan memeriksa apakah flashdisk tersebut cukup cepat untuk digunakan oleh Windows ReadyBoost. Jika ya, sobat akan diberi pertanyaan apakah sobat ingin menggunakan USB tersebut untuk meningkatkan kinerja dari system.

Namun apabila sobat masih setia menggunakan Windows XP, silahkan ikuti cara berikut untuk membuat imitasi "ReadyBoots" pada sistem sobat, tentunya sobat harus mengorbankan satu slot USB pada komputer.
  1. Colokkan USB Flash Disk pada slot USB yang tersedia.
  2. Tekan tombol Start | Control Panel, lalu pilih System klik tab Advanced. Atau sobat bisa tekan tombol Windows + Pause secara bersamaan, lalu klik tab Advanced.
  3. Klik tombol Setting pada bagian Performance, setelah itu klik tab Advanced pada jendela Performance Options, lalu klik tombol Change di bagian Virtual memori untuk menampilkan kotak penyetingan memori virtual.
  4. Klik Drive C: pada bagian Drive, namun jika Windows sobat tidak diinstal pada Drive C: pilih Drive tempat sobat menginstal sistem operasi.
  5. Pilih opsi No paging file pada ratio button yang ada kemudian klik tombol Set, hal ini bertujuan untuk mematikan sistem page file pada Windows XP sobat.
  6. Pilih Drive yang menyatakan USB Flash Disk sobat. Tandai opsi System managed size pada ratio button. Setelah itu klik tombol Set, jika ternyata rekomendasi Total Paging Size-nya terlalu besar, sobat bisa memasukkan nilai kapasitas total USB Flash Disk sobat. Namun jangan lupa untuk menyisakan 5 hingga 6 MB, karena hal ini merupakan syarat dari Windows XP sendiri.
  7. Klik OK untuk menutup jendela.
Sekarang silahkan reboot komputer sobat. Setelah itu coba rasakan, apakah kinerja Windows XP sobat telah bertambah cepat.

Semoga Bermanfaat.

3 komentar:

yogapermanakusumah said...

halo.....bannernya dah saya pasang bro...gmn keren ga tampilan baru blog nya :)

Anonymous said...

Wah..BAgus nih trik..
Bisa d coba nih..
Thanks y..^^

Ozone said...

siip lah,,,bagus,,ne,,,hehhehhe makasih ya,,

Post a Comment

Pengikut

NeoComps
Blog