Dapatkan Update Terbaru Dari Blog NeoComps Langsung ke Email Sobat!

Belajar Bikin Web dengan PHP

Lama tidak memposting dan lama juga tidak berkunjung ke para sahabat blogger, yupz kemaren kami semua memang sedang ada sebuah project yang menurut kami lumayan besar, yaitu sebuah project pembuatan website suatu perusahaan konstraktor, hingga akhirnya harus memutuskan istirahat dahulu dari dunia perblogeran untuk menyelesaikan project tersebut.


Dalam beberapa postingan ke depan kami akan membahas cara pembuatan sebuah website dengan menggunakan php, tentunya dengan postingan ini kami berharap rekan blogger dapat membuat sebuah website sendiri atau setidak-tidaknya memahami cara pembuatan sebuah website menggunakan PHP.

Tentunya sebelum kita membahas secara rinci proses pembuatan website ada beberapa software yang perlu sobat miliki, jenis software tersebut di antaranya adalah:

  1. Soware Design Web
  2. Software ini antara lain adalah Adobe Photoshop, Corel Draw, Firework dan lain-lain.
  3. Editor Web
  4. Software ini bertujuan untuk membantu seorang webmaster untuk menuliskan kode-kode program web. Secara umum dapat dibagi menjadi 2 macam : hand code dan WYSIWYG (What You See Is What You Get). Pada hand code, penulisan kode program menggunakan editor teks semacam notepad. Sedangkan pada editor web WYSIWYG, sobat dapat langsung melihat hasilnya, misalnya menggunakan Dreamweaver, Frontpage, dan sebagainya.
  5. Web Server
  6. Sebuah halaman website yang diakses oleh user melalui browser disimpan pada web server. Untuk itu, diperlukan program khusus agar website yang kita buat dapat diterima dengan baik oleh klien. Ada beberapa software yang bisa sobat gunakan baik yang gratis (open source) maupun yan g komersial, di antaranya: Netscape Server, microsoft IIS, Xitami, WebStar, Apache, XAMPP, dan lain sebagainya. Pada postingan ini kami menggunakan XAMPP.
  7. Web Browser
  8. Software ini untuk menampilkan halaman website. Cara kerja browser adalah menerjemahkan kode program HTML ke dalam bentuk visual sesuai dengan apa dirancang oleh pembuat website. Beberapa browser yang terkenal di antaranya Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera dan Netscape Navigator.
Untuk software Web Server XAMPP sobat bisa download disini, sedangkan cara instalasi XAMPP bisa sobat download disini.

Setelah web server telah sobat instal, sekarang saatnya kita menyiapkan Folder Proyek. Silahkan sobat buat sebuah folder dengan nama myweb dan letakkan folder tersebut didalam C:\xampp\htdocs, kemudian didalamnya buat tiga folder lagi dengan nama images, config, admin. Didalam folder admin silahkan sobat buat lagi 2 buah folder dengan nama images, gambar.

Menyiapkan Database

Dalam proyek ini, buatlah sebuah database dengan nama myweb, untuk sementara kita membutuhkan tiga buah tabel dalam database myweb. Struktur tabelnya sebagai berikut:

Nama TabelJumlah FieldNama Field
Tabel admin4id_admin, password, nama_lengkap, email
Tabel produk11id_produk, id_admin, merk, kategori, harga, berat, spesifikasi, gambar, tgl_posting, jam, counter,
Tabel guestbook6id_guestbook, tanggal, nama, email, alamat, isi


Struktur Tabel admin

FieldTypeLengthExtraPrimary
id_adminVARCHAR50
Yes
passwordVARCHAR50

nm_lengkapVARCHAR100

emailVARCHAR100



Struktur Tabel produk

FieldTypeLengthDefaultExtraPrimary
id_produkINT5
autoYes
id_adminVARCHAR50


merkVARCHAR100


kategoriVARCHAR100


hargaDECIMAL15,00


beratVARCHAR10


spesifikasiTEXT



gambarVARCHAR100


tgl_postingDATE



jamTIME



counterINT100




Struktur Tabel guestbook

FieldTypeLengthDefaultExtraPrimary
id_guestbookINT5
autoYes
tanggal
DATE



nama
VARCHAR50



email
VARCHAR50



alamat
VARCHAR255



isi
TEXT





Catatan:
Cara pembuatan database dan tabel tidak kami bahas di postingan ini, untuk lebih praktisnya silahkan sobat download tutorial pembuatan database dan tabel disini. Sedangkan cara pembuatan websitenya sendiri akan kami lanjutkan pada postingan selanjutnya.

Semoga Bermanfaat.

Cetak Halaman Ini

28 komentar:

ajeng said...

Very usefull..
Terima kasih, ditunggu ilmu selanjutnya

buJaNG said...

Siipp... makasih ya infonya.... saya juga pengin bisa buat web sendiri...

hendrie k_bejo said...

Hi,
I like your article and all the great tips that are mentioned on it, it has really helped out. Thanks for share the information.
I hope you can visit my blog and give me suggestion.
Thanks again.

sewa mobil said...

nice post....
thx 4 share

AaGen Blog said...

Patut dicoba niy tipsnya...

Mohon Dukungannya untuk AaGen Blog pada kontes BUBU AWARDS V.06 dan Internet Sehat Blog Award 2009

plc said...

Artikelnya sangat bermanfaat ...
Biasanya saya selalu pakai HTML ...

loly said...

bundo juga baru belajar joomla nih :D, tapi untuk belajar Php sampai membuat website apalagi gunain dreanweaver susah mas :(( ..selamat atas proyek barunya

Anonymous said...

yg lbh lengkap lg y boz
biar gampang klo mw belajar ne

:D

J H A W said...

Salam kenal sobat.
saya ingin menawarkan kepada anda untuk berbisnis atau mencari uang tambahan lewat internet, meskipun hasil yang kita peroleh pada awalnya tidak terlalu banyak tapi jika anda benar-benar berniat melakukannya maka hasil yang dapat kita peroleh bisa mencapai puluhan bahkan ratusan juta. Bila anda berminat, maka lakukan promosi dengan cara yang saya lakukan. Tapi bila anda terganggu dengan komentar saya, silahkan delete saja.
silahkan klik link dibawah ini jika anda berminat
KOMISI GRATIS

Bisnis Pulsa Elektrik said...

Ditunngu postingan selanjutnya

Kombes.Com said...

Blog anda OK dan unik Banget!. Submit tulisan anda di Kombes.Com Bookmarking, Agar member kami vote tulisan anda. Silakan submit/publish disini : http://bookmarking.kombes.com Semoga bisa lebih mempopulerkan blog/tulisan anda!

Kami akan sangat berterima kasih jika teman blogger memberikan sedikit review/tulisan tentang Kombes.Com Bookmarking pada blog ini.

Salam hormat
http://kombes.Com

genial♂ said...

wah keren nii sayangnya saiia gag ngerti pehape... minal aidin al faidzin iia, mohon maaf lahir dan bathin :)

dhimas said...

wah menariknya, kalo gitu tak tunngu postingan berikutnya, jangan lama lho coz dah ngebet nich mo tau caranya bikin web dgn PHP, oh ya bos kjalo sudah download xamp and dah diinstal trus ngapain travel blog.

mamas said...

saya pernah belajar bikin web dengan Joomla dan menurut saya seuyit sekali, sampe sekarang saya belum pernah berhasil mas ''mamasblog''

NeoComps said...

thx all buat komentarnya..maaf belum sempet update lagi..mungkin dalam beberapa kedepan akan kami lanjutkan lagi cara pembuatan websitenya.

@dhimas : tunggu aja mas dhimas..
@mamas : dijamin kalo tutorial kami ga ribet mas..karena memang sengaja kami buat untuk level pemula yang ingin belajar buat website dengan php

afdil said...

kenapa gak makai joomla sekalian mas? kan lebih mudah dibanding php

best4ptc said...

ampe sekarang ane juda belon ngerti ama PeHaPe.
bikin web cuman pake html. itupun standard banget.
apalagi pake php pusing kali ya....

ikofx said...

[ ask ] mas bro situs apa yaa..? yang bisa lihat web itu di buat dengan software apa.. soalnya saya mau tau web saya itu di buat dengan software apa.. maklum pakek jasa orang heheh

sewa mobil jakarta said...

Makasih informasinya,sangat bermanfaat buat pemula seperti saya.

Anonymous said...

Hi are using Wordpress for your blog platform?

I'm new to the blog world but I'm trying to get started
and create my own. Do you require any html coding knowledge to make your own blog?

Any help would be really appreciated!

hardrive lathargic sausville sonata stapler
http://hajjmabror.com/node/11761
http://fundraiser.info/?q=node/7821
http://bankruptcylawdirectory.com/news/convenient-creams-from-buy-twitter-followers-cheap-under-the-industry
http://rallyshow.rossiysky.ru/en/node/81061
http://www.lj10.com.tw/forum/2013054247
locle burglary dominican flag switzerland knife
laufleiste

Have a look at my web page injury

Anonymous said...

Please let me know if you're looking for a article author for your weblog. You have some really great articles and I believe I would be a good asset. If you ever want to take some of the load off, I'd love to write some content
for your blog in exchange for a link back to mine.
Please blast me an email if interested. Thanks!



logarithums gamache salimos shaffer football games today
http://www.presidentialresponsibility.com/Blog/id/8890
http://520hero.com/content/brief-training-programs-having-do-cheap-twitter-followers-free
http://www.pedagogics.ru/content/details-high-speed-sites-needed-buy-twitter-followers-cheap
http://purewool.com/?q=node/68145
http://www.arizehotelsukhumvit.com/?q=node/8061
whitestone
schematics alegria methuen befor

Also visit my site: lossos

Anonymous said...

Hi there just wanted to give you a quick heads up and let you know a few of the images
aren't loading correctly. I'm not sure why but I think its a
linking issue. I've tried it in two different internet browsers and both show the same outcome.

austrias sayville firefighting shool flutes
http://synchroskate.ru/content/thoughts-basic-programs-buy-twitter-followers-cheap
http://www.earith.org/node/9560
http://srz.vzt.sk/content/real-world-tips-and-advice-support-cheap-twitter-followers-free-certain-requirements
http://www.hokejbal.sk/content/treatments-how-buy-real-followers-twitter
http://dichtienghan.org/content/facts-relation-quickly-systems-regarding-cheap-twitter-followers-free
ohdela finlandia sauna dynometer osteen delicieux

my blog post - seacrest

bola368 said...

makasih mass infonya..
Daftar Web yang menyediakan info seputar bola,
prediksi bola ter-update..
berita bola TERBARU DAN TERPERCAYA ada di pastibet.com , bola368.com , bola368.net , bola368.org
Buruan Gabung..!!

cynthia chaniago said...

nice post sob..
article yang menarik,saya tunggu article berikutnya yach.hehe..
maju terus dan sukses selalu...
salam kenal yach...
kunjungi blog saya juga ya sob,banyak tuh article2 yang seru buat dibaca..
Poker Online Indonesia,poker online uang asli indonesia terbaik dan terpercaya...
http://chaniaj.blogspot.com/ dan situs kesayangan kami http://oliviaclub.com dan https://www.facebook.com/pages/Benua-poker/683720458370743?fref=ts
serta sites.google kebanggaan kami https://sites.google.com/site/pokeronlineterpopuler/
di oliviaclub.com poker online uang asli terbaik di indonesia dengan teknologi teraman dan tercanggih.
main dan ajak teman anda bergabung dan dapatkan 20%+20% referral fee dari house commision untuk turnover teman ajakan anda...

Cia ling said...

KEREN GAN ARTICLE NYA
KUNJUNGI JUGA BLOG SAYA YA GAN
=>http://chaniaj.blogspot.com
http://referral.mentaripoker.com/ref.php?ref=BOM

Michael Twin said...

I really liked this part of the article. with a nice and interesting topics have helped a lot of people who do not challenge things people should know.. you need more publicize this so many people who know about it are rare for people to know this... success for you..... .!

Poker Online said...

Isi beritanya bagus banget.. Buat lagi yang lebih bagus gan thanks..


Agen Poker
Agen Poker Online
Agen Poker Terpercaya
Poker Online
Poker Terpercaya
Bandar Domino
Bandar Domino Online
Agen Domino
Judi Poker
Taruhan Poker
Bandar Poker

Agen Poker said...

Info yang berguna banget gan.... Lanjutkan terus dan salam sukses gan.......

Agen Poker
Judi Poker
Poker Online
Agen Domino
Bandar Domino
Agen Poker Online
Agen Poker Terpercaya
Poker Terpercaya
Bandar Domino Online
Taruhan Poker
Bandar Poker

Berita Bola
DOTA2
Kumpulan Bokep

Post a Comment

Pengikut

NeoComps
Blog