Dapatkan Update Terbaru Dari Blog NeoComps Langsung ke Email Sobat!

LAN (Local Area Network) I

Local Area Network (LAN) adalah sejumlah komputer yang saling dihubungkan bersama di dalam satu areal tertentu yang tidak begitu luas, seperti di dalam satu kantor atau gedung. Secara garis besar terdapat dua tipe jaringan atau LAN, yaitu jaringan Peer to Peer dan jaringan Client-Server. Pada jaringan peer to peer, setiap komputer yang terhubung ke jaringan dapat bertindak baik sebagai workstation maupun server. Sedangkan pada jaringan Client-Server, hanya satu komputer yang bertugas sebagai server dan komputer lain berperan sebagai workstation. Antara dua tipe jaringan tersebut masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahan, di mana masing-masing akan dijelaskan.


LAN tersusun dari beberapa elemen dasar yang meliputi komponen hardware dan software, yaitu
  1. Komponen Fisik
  2. Personal Computer (PC), Network Interface Card (NIC), Kabel, Topologi jaringan.
  3. Komponen Software
  4. Sistem Operasi Jaringan, Network Adapter Driver, Protokol Jaringan.
Personal Komputer (PC)
Tipe personal komputer yang digunakan di dalam jaringan akan sangat menentukan unjuk kerja dari jaringan tersebut. Komputer dengan unjuk kerja tinggi akan mampu mengirim dan mengakses data dalam jaringan dengan cepat. Di dalam jaringan tipe Client-Server, komputer yang difungsikan sebagai server mutlak harus memiliki unjuk kerja yang lebih tinggi dibandingkan komputer-komputer lain sebagai workstation-nya, karena server akan bertugas menyediakan fasilitas dan mengelola operasional jaringan tersebut.

Network Interface Card (NIC)
Berdasarkan tipe bus, ada beberapa tipe network interface card (nic) atau network card, yaitu ISA dan PCI.

Saat ini terdapat jenis network card yang banyak digunakan, yaitu PCI

Gambar 1.1. Jenis kartu jaringan

Ethernet
Dalam jaringan dengan protocol akses CSMA/CD atau Carrier Sense Multiple Access with Collision Detection, suatu node (A) yang akan mengirimkan data akan memeriksa dahulu kondisi jalur data. Bila tidak terdapat aliran data/kosong maka node tersebut akan mengirimkan datanya dan bila node lain (B) yang sedang menggunakan jalur data maka node (A) akan menunggu dan akan mencoba memeriksa kembali. Dalam protocol akses ini dimungkinkan pada suatu saat terjadi beberapa node mengirimkan datanya secara bersamaan sehingga mengakibatkan collision atau tabrakan. Dalam kondisi demikian node-node tersebut akan batal mengirimkan data dan akan mencobanya kembali bila jalur tidak sibuk.

Gambar 1.2. Protocol akses CSMA/CD

Tipe Pengkabelan
Terdapat beberapa tipe pengkabelan yang biasa digunakan dan dapat digunakan untuk mengaplikasikan Windows, yaitu:
  1. Thin Ethernet (Thinnet)
  2. Thin Ethernet atau Thinnet memiliki keunggulan dalam hal biaya yang relatif lebih murah dibandingkan dengan tipe pengkabelan lain, serta pemasangan komponennya lebih mudah. Panjang kabel thin coaxial/RG-58 antara 0.5 – 185 m dan maksimum 30 komputer terhubung.
  3. Thick Ethernet (Thicknet)
  4. Dengan thick Ethernet atau thicknet, jumlah komputer yang dapat dihubungkan dalam jaringan akan lebih banyak dan jarak antara komputer dapat diperbesar, tetapi biaya pengadaan pengkabelan ini lebih mahal serta pemasangannya relatif lebih sulit dibandingkan dengan Thinnet. Pada Thicknet digunakan transceiver untuk menghubungkan setiap komputer dengan sistem jaringan dan konektor yang digunakan adalah konektor tipe DIX. Panjang kabel transceiver maksimum 50 m, panjang kabel Thick Ethernet maksimum 500 m dengan maksimum 100 transceiver terhubung.

    Gambar 1.3. Kabel thicknet dan thinnet

  5. Twisted Pair Ethernet
  6. Kabel Twisted Pair ini terbagi menjadi dua jenis yaitu shielded dan unshielded. Shielded adalah jenis kabel yang memiliki selubung pembungkus sedangkan unshielded tidak mempunyai selubung pembungkus. Untuk koneksinya kabel jenis ini menggunakan konektor RJ-11 atau RJ-45. Pada twisted pair (10 BaseT) network, komputer disusun membentuk suatu pola star. Setiap PC memiliki satu kabel twisted pair yang tersentral pada HUB. Twisted pair umumnya lebih handal (reliable) dibandingkan dengan thin coax karenaHUB mempunyai kemampuan data error correction dan meningkatkan kecepatan transmisi. Saat ini ada beberapa grade, atau kategori dari kabel twisted pair. Kategori 5 adalah yang paling reliable dan memiliki kompabilitas yang tinggi, dan yang paling disarankan. Berjalan baik pada 10Mbps dan Fast Ethernet (100Mbps). Kabel kategori 5 dapat dibuat straight-through atau crossed. Kabel straight through digunakan untuk menghubungkan komputer ke HUB. Kabel crossed digunakan untuk menghubungkan HUB ke HUB. Panjang kabel maksimum kabel Twisted-Pair adalah 100 m.


    Gambar 1.4. Kabel UTP, STP dan konektor rj-45

  7. Fiber Optic
  8. Jaringan yang menggunakan Fiber Optic (FO) biasanya perusahaan besar, dikarenakan harga dan proses pemasangannya lebih sulit. Namun demikian, jaringan yang menggunakan FO dari segi kehandalan dan kecepatan tidak diragukan. Kecepatan pengiriman data dengan media FO lebih dari 100Mbps dan bebas pengaruh lingkungan.

    Gambar 1.5. Kabel fiber optik

Masih ada lanjutannya sobat, pada postingan selanjutnya akan dibahas mengenai Protokol TCP/IP, Domain Name System (DNS), DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) dan Topologi Jaringan..

Semoga Bermanfaat

5 komentar:

bisnisway said...

nice blog banyak info yang membantu my friend... salam merdeka!

pengguna said...

Mantap sob...dapet ilmu pengetahuan lage nih...

Anonymous said...

broe..aku pengin menggabung PC dengan Laptop buat main COunter Strike, kabel UTP siap ...tapi kok gak bisa konek ya??? Ada tutor gak??? Bagi donk..

Anonymous said...

@Bisniswa : salam merdeka juga dari kami..

@Blok C No.3 : Makasih sob dah rutin mengunjungi kami..

@Bejo :coba liat kabel UTPnya dulu bro..kalo hanya 2 komputer tanpa Switch/Hub kabel UTPnya harus straight jgn crossover..atau coba liat pemasangan IP Addressnya..IP Address harus berbeda antara komputer yang satu dgn yg lain..Contoh: Komputer A menggunakan IP Address 192.168.1.1 sedangkan pada komputer yg satu lagi harus 192.168.1.2

ukuy internazioli fc said...

gimana cara menggabungkan jaringan pc ke laptop dgn 1 modem spya bisa online

Post a Comment

Pengikut

NeoComps
Blog