Dapatkan Update Terbaru Dari Blog NeoComps Langsung ke Email Sobat!

Virus Komputer I

Pasti sobat sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Virus Komputer. Disini akan sedikit membahas, sebenarnya apa sih virus itu dan bagaimana cara penyebarannya. Semoga saja sedikit membantu sobat memahami tata cara kerja virus.


Pengertian Virus

Virus berasal dari bahasa Latin, yang artinya toxin atau racun. Pertama kali istilah “virus” digunakan oleh Fred Cohen pada tahun 1984 di Amerika Serikat. Virus komputer dinamakan “virus” karena memiliki beberapa persamaan mendasar dengan virus pada istilah kedokteran (biological viruses).

Virus komputer bisa diartikan juga sebagai suatu program komputer biasa. Namun memiliki sedikit perbedaan yang mendasar dengan program-program lainnya, yaitu virus dibuat untuk mengubah, memanipulasinya bahkan sampai merusaknya. Ada yang perlu dicatat disini, virus hanya akan menulari apabila program pemicu atau program yang telah terinfeksi tadi dieksekusi, disinilah perbedaannya dengan "worm" sobat, kalau worm dibuat untuk menggandakan diri dengan membuat copy dirinya sendiri. Tapi pada tulisan ini tidak akan bahas worm.

Jenis-jenis Virus

Disini hanya dibahas jenis-jenis virus yang sering berkeliaran di masyarakat umum.
  1. Virus Makro
  2. Jenis virus ini pasti sudah sering kita dengar. Virus ini ditulis dengan bahasa pemrograman dari suatu aplikasi bukan dengan bahasa pemrograman dari suatu Operating System. Virus ini dapat berjalan apabila aplikasi pembentuknya dapat berjalan dengan baik. Sebagai contoh jika pada komputer mac dijalankan aplikasi Word, maka virus makro yang dibuat dari bahasa makro Word dapat bekerja pada komputer bersistem operasi Mac ini.

    Contoh virus:
    • Varian W97M, misal W97M.Panther
    • Panjang 1234 bytes, akan menginfeksi NORMAL.DOT dan menginfeksi dokumen apabila dibuka.

    • WM.Twno.A;TW
    • Panjang 41984 bytes, akan menginfeksi Dokumen Ms.Word yang menggunakan bahasa makro, biasanya berekstensi *.DOT dan *.DOC

    • dll

  3. Stealth Virus
  4. Virus ini akan menguasai tabel interrupt pada DOS yang sering kita kenal dengan "Interrupt interceptor". Virus ini berkemampuan untuk mengendalikan instruksi-instruksi level DOS dan biasanya mereka tersembunyi sesuai namanya baik secara penuh ataupun ukurannya.

    Contoh virus:
    • Yankee.XPEH.4928
    • Menginfeksi file *.COM dan *.EXE, Panjang 4298 bytes.
      Karakteristik: menetap di memori, ukurantersembunyi, memiliki pemicu

    • Vmem(s)
    • Menginfeksi file file *.EXE, *.SYS, dan *.COM, Panjang fie 3275 bytes.
      Karakteristik:menetap di memori, ukuran tersembunyi, di enkripsi.

    • dll

  5. Virus File/Program
  6. Virus ini akan menginfeksi file-file yang dapat dieksekusi langsung dari sistem operasi, baik itu file *.EXE, maupun *.COM biasanya juga hasil infeksi dari virus ini dapat diketahui dengan berubahnya ukuran file yang diserangnya.

  7. Virus Boot Sector
  8. Virus Boot sector ini sudah umum sekali menyebar. Virus ini dalam menggandakan dirinya, akan memindahkan atau menggantikan boot sector asli dengan program booting virus. Sehingga saat terjadi booting maka virus akan diload ke memori dan selanjutnya virus akan mempunyai kemampuan mengendalikan hardware standar (contoh : monitor, printer dsb) dan dari memori ini pula virus akan menyebar ke seluruh drive yang ada dan yang terhubung ke komputer (contoh : floopy, drive lain selain drive c:).

    Contoh virus:
    • Varian virus wyx
    • ex: wyx.C(B) menginfeksi boot record dan floopy, Panjang :520 bytes.
      Karakteristik : memory resident dan terenkripsi.

    • Varian V-sign
    • Menginfeksi : Master Boot Record, Panjang 520 bytes.
      Karakteristik : menetap di memori (memory resident),terenkripsi, dan polymorphic)

    • Stoned.june 4th/ bloody!
    • Menginfeksi : Master Boot Record dan floopy, Panjang 520 bytes.
      Karakteristik : menetap di memori (memory resident), terenkripsi dan menampilkan pesan "Bloody!june 4th 1989" setelah komputer melakukan booting sebanyak 128 kali.

  9. Polymorphic Virus
  10. Virus ini buat untuk mengecoh program antivirus, artinya virus ini selalu berusaha agar tidak dikenali oleh antivirus dengan cara selalu merubah rubah strukturnya setiap kali selesai menginfeksi file/program lain.

    Contoh virus:
    • Necropolis A/B
    • Menginfeksi file *.EXE dan *.COM, Panjang file 1963 bytes.
      Karakteristik: menetap di memori, ukuran dan virus tesembunyi,terenkripsi dan dapat berubah ubah struktur

    • Nightfall
    • Menginfeksi file *.EXE, Panjang file 4554 bytes.
      Karakteristik : menetap di memori, ukuran dan virus tesembunyi,memiliki pemicu, terenkripsidan dapat berubah-ubah struktur

  11. Multi Partition Virus
  12. Virus ini merupakan gabungan dari virus boot sector dan virus file. Artinya pekerjaan yang dilakukan berakibat dua, yaitu dia dapat menginfeksi file-file *.EXE atau *.COM dan juga menginfeksi boot sector.
Masih ada lanjutannya sobat, pada postingan selanjutnya akan dibahas mengenai kriteria, cara penyebaran dan cara penanggulan virus..

Semoga Bermanfaat.

REFERENSI:
www.ilmukomputer.com, Ahmad Muammar. W.K, "Mengenal Virus Komputer"
www.ezine.echo.or.id, y3dips, “ pernak pernik Virus ”

3 komentar:

the phantom said...

bisa bikin virus ga......?
ajarin donk.....!

umi rina said...

Wah, kalo jadi ahli komputer, baiknya menciptakan yang bermanfaat aja ya, bikin anti-virus gitu, jangan bikin virusnya ya...:)

DegDegan.duniamaya98 said...

banyak juga ya, jenis-jenis dan macamnya, kayak virus manusia aja... banyak jenis macamnya... btw salam kenal....

Post a Comment

Pengikut

NeoComps
Blog