Dapatkan Update Terbaru Dari Blog NeoComps Langsung ke Email Sobat!

Sekilas Tentang wikiwikiweb

Wikiwikiweb adalah nama pertama dari Software wiki di dunia maya Wikipedia, wikitravel, wiktionary, serta website-website yang sejenis semua ditopang oleh sebuah sistem yang bernama wiki. Sistem wiki sendiri adalah web kalaboratif untuk membuat halaman web oleh banyak orang.

Sistem wiki dikembangkan dalam berbagai platform.dari yang berbasis Java, Phyton, PHP, Perl hingga yang berbasis Ruby. Kini wiki dapat dinikmati dalam banyak bentuk dan Aplikasi. Karena wiki dibawah lisensi GNU/GPL, proses membuat halaman web HTML menjadi lebih cepat dengan Aplikasi wiki. Maka siapa saja dapat menggunakan dan memodifikasinya.

Wiki yang dapat diedit oleh siapa saja yang berhak mengaksesnya, ditambah, dikurangi atau ditanggapi. Dengan lebih luas oleh orang lain, namun masih dapat dikontrol oleh yang mengelolanya. Dengan demikian didalam Aplikasi wiki berjuta-juta halaman web yang terdapat berasal dari satu orang atau lebih, dengan katalain halaman web didalam wiki tersebut diciptakan oleh banyak orang.

Dengan karakteristiknya yang demikian tak heran jika banyak orang yang menggunakannya. Salah satu Aplikasi wiki yang paling populer adalah wikipedia. Cunningham adalah penemu ide dan pencipta aplikasi wiki engine wikiwikiweb pertama diperkenalkan oleh Ward Cunningham pada 25 maret 1995 nama wiki itu sendiri berasal dari Bahasa Hawaii yakni wikiwiki yang artinya Cepat. Cunningham mengunakan nama wiki setelah Ia mendengar kata tersebut diAirport di kota Honolulu Hawaii, kata tesebut adalah istilah untuk menyebut sebuah shuttle bus(wikiwikibus) Halaman wikiwikiweb-nya yang pertama dibuat pada tahun 1994-1995 berformat HTML dengan menggunakan bantuan Perl Script.

Semoga Bermanfaat

0 komentar:

Post a Comment

Pengikut

NeoComps
Blog