Dapatkan Update Terbaru Dari Blog NeoComps Langsung ke Email Sobat!

Data Recovery Bag.II

Dipostingan saya sebelumnya kita sudah membahas Recover Data melalui Safe Mode dan System Restore, jika belum membaca silahkan klik disini.... Sekarang kita mencoba dengan System File Checker dan Recoveri Console, langsung kita mulai aja yach

System File Checker
System File Checker merupakan salah satu fitur build-in yang ada di dalam Windows, fungsinya adalah untuk memeriksa file system yang sudah tidak dalam keadaan orsinil. Apabila system file checker menemukan hal ini, maka akan langsung dikembalikan ke dalam bentuk aslinya. Apabila sobat mencurigai adanya file yang korup atau jalannya Windows sedikit aneh dari biasanya, sobat bisa mencoba tip berikut:

Siapkan CD Instalasi Windows XP, dan jalankan melalui menu Start Run, kemudian tulis SFC/scannow. Tunggu beberapa saat, jika ada permintaan untuk restart, segera lakukan restart PC.

Selain parameter /scannow, sobat juga bisa menggunakan parameter /scanboot, parameter ini berfungsi untuk melakukan scanning tiap kali restart. Atau /scanonce, parameter ini berfungsi untuk melakukan scanning setelah restart berikutnya.

Recovery Console
Tool ini sangat bermanfaat untuk melakukan perbaikan dan recovery dalam Windows. Apabila sobat sudah melakukan ketiga cara yang telah saya berikan, sobat bisa menggunakan tool ini.

Siapkan CD instalasi Windows XP dan atur BIOS agar booting pertama dilakukan oleh CD-ROM, disini sobat mesti melakukan langkah-langkah seperti halnya sobat melakukan instalasi Windows, hingga masuk kebagian Windows Setup. Di bagian ini sobat tekan R untuk masuk ke dalam Recoveri Console. Setelah itu tekan angka 1 untuk memilih Windows yang akan dimasuki. Kemudian masukkan password Administrator (jika diberi password), tapi bukan password user name sobat, namun apabila Administrator tidak di berikan password, silahkan langsung tekan Enter.

Disini sobat bisa memasukkan parameter-parameter berikut:

  • chkdsk /r : dipakai untuk memeriksa hard disk dan berusaha mencoba untuk memperbaiki error yang ada.
  • Listsvs : dipakai untuk menampilkan services dan driver mana yang sedang berjalan, dan status starup-nya.
  • fixmbr : dipakai untuk memperbaiki Master Boot Record
  • fixboot : dipakai untuk memperbaiki Boot Sector Drive yang sedang aktif.
Semoga Bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment

Pengikut

NeoComps
Blog