Dapatkan Update Terbaru Dari Blog NeoComps Langsung ke Email Sobat!

Memilih Memori yang Baik

Pertanyaan yang sering muncul saat membeli memori adalah bagaimana memori yang baik dan berkualitas. Cobalah tips-tips berikut ini:

  • Pilih memori dengan jumlah ganda apabila motherboard Sobat mendukung dual channel. Sebagai contoh, pilihlah sepasang memori dengan kapasitas masing-masing 512 MB ketimbang membeli sekeping memori dengan kapasitas 1 GB. Dukungan dual channel memungkinkan performa sistem komputer Anda akan tampil jauh lebih baik dengan menggunakan dua keping memori ketimbang memori tunggal meski berkapasitas besar.

  • Carilah vendor yang telah memiliki reputasi baik dalam penjualan dan layanan purna-jual. Sobat dapat menggunakan jumlah service center yang dimiliki serta lama garansi sebagai tolok ukur.

  • Pilih memori dengan chip yang dikenal. Hindari memilih memori dengan chip aneh alias Sobat tak mengetahui siapa pembuatnya. Nama-nama seperti Samsung, Infineon atau Corsair dan sebagainya dapat Sobat jadikan referensi.

  • Hindari membeli memori tray alias tidak dalam kemasan. Di pasar saat ini banyak sekali dijual memori tanpa kemasan. Meski dilabel dengan beragam merek ternama, jangan mudah tergoda untuk membeli memori jenis ini. Resiko tingkat kerusakan akibat listrik statik sangat tinggi ditambah resiko data korup akibat chip yang rusak bakal menghantui kestabilan komputer Sobat.

  • Jika Sobat sering menggunakan komputer dalam jangka waktu lama, pastikan untuk memilih memori yang dilengkapi dengan heat spreader, harga memori jenis ini pada umumnya lebih mahal ketimbang memori standar. Meski demikian, performa dan kestabilan yang ditawarkan memori jenis ini sangat bagus.

  • Jangan terjebak dengan janji life warranty. Di Indonesia, definisi garansi jenis ini masih dipertanyakan. Definisi life warranty menurut hukum daganf internasional adalah sebatas teknologi produk yang bersangkutan masih ada dan proses produksinya masih dijalankan.

  • Pilih memori dengan angka latency terendah. Jangan terjebak pada FSB atau throughtput memori.


  • Copyleft © 2008 NeoComp4® Blog

    0 komentar:

    Post a Comment

    Pengikut

    NeoComps
    Blog